Tips Belajar Teknik Pijat Refleksi Kaki

pijat refleksi kaki
Dari berbagai jenis metode pengobatan tradisional, metode pijat refleksi kaki merupakan yang paling populer dan lazim ditemui di berbagai negara, termasuk Indonesia. Baik untuk refleksi maupun sebagai bagian dari pengobatan, pijat refleksi kaki merupakan metode yang kini banyak dipraktekkan untuk memulihkan berbagai macam kondisi mulai dari yang ringan sampai yang berat. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk memelajari keahlian ini agar bisa menolong orang lain.

Mengapa Pijat Refleksi Efektif?

Walaupun belum menjadi metode pengobatan yang secara resmi diadopsi sepenuhnya oleh dunia medis, keampuhan dari pijat refleksi kaki ini telah diteliti dan telah terbuktikan secara ilmiah. Kaki dikatakan punya peta-peta syaraf yang berhubungan langsung dengan berbagai organ tubuh. Jadi, dengan menyasar titik-titik syaraf tertentu, Anda bisa menyasar kondisi tertentu yang dialami organ tubuh.

Pemijatan yang dilakukan pada titik syaraf di kaki akan membantu memperlancar aliran darah, mengirimkan lebih banyak suplai oksigen dan nutrisi ke organ atau fungsi tubuh yang disasar sehingga kondisinya menjadi lebih baik. Hal ini kemudian akan membuat fungsi tubuh menjadi seimbang sehingga badan pun terasa lebih fit. Apabila dilakukan secara rutin, metode ini akan membantu menyembuhkan beberapa kondisi seperti pegal, sakit kepala, tubuh tak bertenaga, kembung, dan sebagainya.

Pelaku pijat refleksi yang sudah ahli bahkan bisa membantu orang berpenyakit berat untuk meringankan sakitnya sebagai bagian dari proses penyembuhan, misalnya untuk orang yang menderita gangguan ginjal, gangguan kelenjar getah bening, sakit pencernaan dan sebagainya. Hal ini tentu saja memerlukan wawasan yang luas soal "refleksologi", peta syaraf kaki dan wawasan akan berbagai kondisi medis.

Yang Harus Dipelajari dalam Pijat Refleksi

Jika Anda berminat memelajari pijat refleksi agar bisa membantu orang, ada banyak hal yang harus dipelajari sehingga Anda tidak akan asal memijat. Yang paling penting tentu saja adalah peta syaraf kaki. Daerah-daerah tertentu pada kaki mengandung titik syaraf yang berujung pada organ atau fungsi tubuh tertentu seperti:
·         Daerah kepala seperti mata, telinga, wajah, otak dan sebagainya. Titik-titik syarafnya biasanya terletak di daerah jari-jari kaki.
·         Daerah leher seperti kelenjar timus, tenggorokan, kelenjar tiroid dan esophagus. Titik syaraf untuk bagian-bagian ini lokasinya berada di daerah pinggir kaki bagian dalam.
·         Daerah dada seperti paru-paru serta syaraf sekitar pundak, titik syarafnya juga di pinggir kaki tetapi di bagian luarnya.
·         Daerah perut dan pencernaan seperti semua bagian usus, hati, empedu, lambung, usus buntu dan bagian belakang yaitu tulang punggung. Titik syarafnya berada di telapak kaki bagian dalam terutama bagian yang agak melekuk ke dalam.
·         Daerah bawah tubuh seperti dubur dan organ reproduksi, titik syarafnya ada di daerah tumit.

Anda bisa lihat bahwa semakin ke bawah, semakin rendah pula lokasi titik syaraf di kaki. Akan tetapi, semua titik syaraf ini harus dikenai dengan tepat jika Anda ingin menyembuhkan orang. Plus, Anda juga harus paham titik-titik apa saja yang harus ditekan secara bersamaan jika ingin menyembuhkan suatu penyakit yang kompleks.

Anda juga harus mengetahui riwayat kesehatan dan pengobatan pasien, serta membuat suasana pijat refleksi yang tenang dan rileks bagi si pasien. Jangan lupa juga untuk mencuci dan merendam kaki pasien di air garam agar rileks, serta tidak melakukan pijat refleksi kalau di telapak kakinya ada luka terbuka.

0 Response to "Tips Belajar Teknik Pijat Refleksi Kaki"

Posting Komentar