Jurus Ampuh Sehat dan Tetap Awet Muda ala Orang Jepang

Mungkin anda sering bertanya-tanya, mengapa rata-rata orang Jepang tetap sehat di usia lanjut. Mungkinkah mereka punya segudang cara awet muda? Di samping usia lanjut, mereka juga tampak segar dan melakukan aktivitas biasa seperti jogging, membuat karya seni dan bersepeda layaknya orang usia muda. Hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata orang Jepang hidup hingga umur 86 tahun untuk wanita dan untuk pria 79 tahun, bahkan banyak yang lebih dari itu. Berbeda bukan dengan rata-rata orang Indonesia yang masa hidupnya hingga 60 tahun? Angka harapan hidup orang Jepang adalah angka tertinggi di dunia.

Cara awet muda alami ala orang Jepang

Jika artis-artis korea banyak yang melakukan operasi plastik agar memiliki fisik yang terlihat segar dan menawan, maka tidak dengan orang Jepang. Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana sebagai cara awet muda.  Berikut rahasianya:

·           Mengatur Pola Makan
Orang Jepang sangat selektif dalam hal mengonsumsi makanan. Mereka menjaga asupan karbohidrat sesuai dengan kebutuhan tubuh. Mereka mengonsumsi udon (mie dari beras), soba (mie dari buckel wheat) dan sereal bergizi tinggi. Orang Jepang juga sangat menyukai sayuran dan rumput laut. Sebagian besar aturan pola makan diet mereka adalah dengan sayur dan buah.
·           Cara Memasak Makanan
Perempuan Jepang biasa merebus, menumis dan menggoreng cepat makanan dengan menjaga agar kalorinya rendah.
·           Tata Cara Makan
Otak manusia membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk terasa kenyang sedangkan saluran pencernaan manusia membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang masuk. Mengunyah dengan irama pelan sangat baik bagi lambung. Cara awet muda inilah yang selalu dilakukan orang Jepang. Sembari makan perlahan, mereka menikmati masakan yang disantapnya.
·           Porsi Makan yang Kecil
Orang Jepang biasa makan dengan porsi yang kecil dalam setiap kali makan. Dengan inilah mereka berlatih mengontrol porsi makan sesuai kebutuhannya. Makanan yang biasa disajikan ½ meja makan sehingga variatif jenisnya.
·           Terbiasa Jalan Kaki dan Bersepeda
Meskipun pendapatan dan kesejahteraan hidup orang Jepang mayoritas tinggi, mereka tidak sungkan untuk berbelanja ke pasar dengan mengayuh sepeda bahkan berjalan kaki. Mereka tidak pernah malas untuk melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan mood, mengurangi resiko diabetes militus tipe 2 dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kebiasaan ini bermula sejak kecil.
·           Minum Teh Hijau
Green Tea atau teh hijau tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan organ dalam tubuh, melainkan juga kesehatan kulit. Teh hijau mengandung kadar antioksidan yang tinggi guna melanjarkan sistem metabolisme manusia. Orang Jepang sangat suka minum teh hijau dan menyajikannya dalam berbagai acara. Selain itu, teh hijau juga melindungi tubuh dari osteoporosis, penyakit degeneratif dan kanker.

Paduan Makanan Sehat dengan Aktivitas Fisik

Meskipun banyak orang Jepang yang suka makan fast food di rumah makan, mayoritas mereka berusaha membawa bekal makanan sendiri. Biasanya mereka membawa makanan berupa sup miso,  nasi, sayur, buah dan mengemas green tea. Bahkan, supermarket di Jepang tidak menjual makanan yang nyaris kadaluarsa. Pemilik toko sangat memperhatikan kesegaran bahan makanan yang dijualnya. Semua diatur dengan menarik agar mengundang selera pembelinya.

Kesehatan orang Jepang tidak hanya ditunjang dari pola makannya, melainkan juga aktivitas yang sehat. Mereka memadukan pola makan sehat dengan olah raga. Tentunya ini merupakan cara awet muda yang paling efektif dan sehat, sekaligus paling hemat, bukan?

0 Response to "Jurus Ampuh Sehat dan Tetap Awet Muda ala Orang Jepang"

Posting Komentar