Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Buat ibu-ibu yang memiliki anak dengan usia menjelang lima tahun, tentu saja sudah mulai memikirkan mengenai pendidikan anaknya tersebut. Meskipun belum masuk sekolah dasar (SD), setidaknya anak-anak juga harus mencoba pendidikan di playgroup atau taman kanak-kanak (TK). Maka, mereka pun akan memulai rutinitas baru dalam hidupnya.

Hal ini akan menjadi sebuah perubahan besar bagi seorang anak yang akan masuk sekolah. Hari-hari pertama mereka bersekolah adalah salah satu hari terberat dalam hidupnya. Mereka harus berjumpa dengan banyak orang lain, menyesuaikan diri dengan mereka, dan harus melakukan berbagai aktifitas yang selama ini jarang atau belum pernah mereka lakukan.

Untuk itu, para ibu harus siap memberikan dukungan, dengan mempersiapkan anak masuk sekolah. Ada beberapa tips mempersiapkan anak masuk sekolah yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut:

Simak beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu menyiapkan anak Anda bersemangat masuk sekolah untuk pertama kalinya :
1.    Sebelum anak memulai sekolah, sebaiknya terlebih dahulu ajak mereka untuk datang ke lokasi sekolahnya nanti. Perkenalkan mereka dengan lingkungan sekolah itu, agar mereka bisa membayangkan seperti apa kegiatan sekolah yang akan mereka jalani nanti.
2.    Cobalah untuk memberikan positif kepada anak-anak mengenai sekolah. Beritahu mereka bahwa dengan sekolah mereka akan mendapatkan tema-teman baru, diajarkan banyak ilmu pengetahuan dan bisa jadi pintar untuk mencapai cita-citanya.
3.    Ajaklah mereka menceritakan hal-hal apa saja yang diketahuinya tentang sekolah Dengan itu, akan bisa diketahui hal-hal apalagi yang harus dilakukan untuk mempersiapkan anak masuk sekolah. Sehingga Anda pun dengan cepat bisa melakukan atau menyediakan kebutuhannya.
4.    Persiapkan segala keperluan anak saat hari pertama masuk sekolah semakin dekat. Ajarkan juga mereka untuk menata alat tulis dan tasnya. Selain itu, datanglah lebih awal pada hari pertama masuk sekolah, sehingga merka bisa merasa lebih nyaman.
5.    Apabila anak masih merasa takut atau menolak untuk sekolah, ajaklah mereka dengan sabar dan secara perlahan. Kembali yakinkan mereka bahwa ada banyak hal menarik yang ada di sekolah. Anda juga bisa mencoba untuk menemaninya di sekolah pada beberapa hari pertama. Setelah itu, biarkan mereka untuk mandiri tanpa harus ditemani lagi.

Dengan tips mempersiapkan anak masuk sekolah ini, Anda bisa membuat anak-anak Anda semakin yakin untuk memulai hari pertamanya di sekolah. Semoga berhasil!

0 Response to "Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah"

Posting Komentar