Pengertian Website Domain dan Hosting

pengertian website domain hosting

Saat ini internet memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang karena internet memberikan solusi yang cepat dan mudah untuk memperoleh suatu informasi. Coba saja kita lihat sekarang banyak media televisi atau media cetak yang sumber beritanya berdasarkan update informasi dari suatu website

Ini membuktikan bahwa penggunaan internet melalui akses website menjadi favorit pilihan banyak orang karena mudahnya mendapatkan informasi melalui internet. Cuma dengan mengklik suatu website, kita bisa memperoleh informasi yang kita butuhkan. Tapi, mungkin masih banyak orang awam yang belum paham benar apa itu website dan berbagai unsur pendukungnya.

Oleh karena itu, jika kita belum paham benar tentang website dan segala macam unsur pendukungnya seperti hosting dan domain, kita perlu menyimak sedikit penjelasan mengenai website dan juga beberapa hal menyangkut website seperti domain serta layanan hosting yang pastinya harus diketahui. Tidaklah sulit untuk mengungkapkan apa sih sebenarnya website itu. Kita bisa belajar banyak tentang arti website atau situs dan kita akan lebih banyak mengerti tentang kegunaan website untuk mendapatkan berbagai macam informasi secara mudah.

Mungkin selama ini kita cukup terbiasa mendengar istilah website atau situs tanpa mengetahui benar apa makna dari istilah tersebut. Kita mungkin selama ini hanya bisa mengenal kalau website itu ya seperti itu tanpa bisa menjelaskan lebih lanjut. 

Untuk lebih jelasnya, website atau juga kita kenal sebagai situs itu merupakan suatu halaman (seperti halaman buku) yang menunjukkan kumpulan data seperti data teks, data gambar, data video, atau kumpulan dari semua data tersebut yang mempunyai sifat statis dan dinamis. 

Website atau situs bisa dikatakan sebagai website statis jika kita cuma melihat konten website yang itu-itu saja tanpa banyak perubahan. Biasanya website statis ini berupa profil tentang perusahaan ataupun lembaga pemerintahan. Sementara website bisa dikatakan sebagai website dinamis jika kita selalu melihat berbagai perubahan pada konten atau tampilan website itu dan juga kita bisa melihat adanya interaksi antar para pengunjung website. 

Ada banyak contoh untuk website dinamis ini dan biasanya kita paling sering mengakses jenis website yang satu ini karena selalu memberikan informasi yang terkini. Contohnya kita mungkin sering mengakses portal berita online atau sosial media yang memiliki sifat sebagai website dinamis. Konten dan tampilan memang memberikan pengaruh yang besar untuk suatu jenis website sehingga banyak pemilik website yang terus menyajikan tampilan-tampilan website yang cukup menarik untuk dilihat dan juga konten website yang harus menyajikan info-info yang bermacam-macam. Untuk itulah, website dinamis selalu memberikanmu beragam jenis data dan informasi yang terus berkembang. Data-data dalam website ini saling terhubung dalam suatu jaringan yang mungkin kita kenal sebagai jaringan hyperlink. Ini memudahkanmu untuk melihat suatu jenis informasi yang terkait dan kita tidak akan kebingungan dalam mencari informasi yang aktual dari suatu website.  
Untuk membuat suatu website, pastinya kita akan membutuhkan layanan hosting dan juga kita perlu memilih domain untuk website yang akan dipakai. 


Domain adalah suatu nama yang menunjukkan alamat sebuah website di internet. Domain sendiri terbagi menjadi dua yakni TLD (Top Level Domain) dan domain ID (domain Indonesia). TLD yang biasanya diistilahkan sebagai  domain internasional ini yakni domain yg berakhiran com, net, org, biz, info, co, cc, dan sebagainya. Sementara domain ID biasanya dipergunakan untuk kepentingan lokal, kita bisa lihat beberapa website memiliki domain dengan akhiran seperti co.id, go.id, or.id, ac.id, web.id, dan sebagainya.

Mari kita lanjutkan pembahasan berikutnya yaitu hosting. Hosting adalah sebuah tempat di internet di mana file-file website disimpan dan dapat diakses melalui internet. Hosting ini bisa juga dikatakan sebagai rumah untuk website atau diumpamakan sebagai ruang untuk menampung berbagai data yang akan kita simpan untuk sebuah website. Melalui website inilah informasi atau layanan produk dan jasa yang anda jual dapat ditampilkan dan dilihat oleh semua orang di berbagai penjuru dunia.


Jadi sebelum sebuah website bisa di-online-kan, dua komponen inilah yang harus kita miliki, yakni Domain dan Hosting, keduanya masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda, Domain digunakan untuk memberikan nama pada websitenya, sedangkan Hosting gunanya untuk menyimpan flle dan data website kita. Kalau diibaratkan domain adalah nama dan alamat toko maka hosting adalah gedung beserta barang-barangnya. Nah, hosting inilah merupakan bagian dari sebuah server yang selalu online selama 24 jam.

Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk menyewa layanan hosting ini tergantung pada besarnya kuota database yang ingin kita pakai. Semakin besar kuota database yang ingin kita pakai, maka akan semakin mahal pula biaya untuk sewa layanan hosting tersebut. Umumnya, sewa layanan hosting ini berlaku untuk sewa per tahun. Jika masa sewa layanan hosting hampir berakhir, kita akan ditawari untuk memperpanjang sewa layanan hosting dari penyedia tersebut atau berhenti berlangganan sewa hosting dari penyedia hosting tersebut, 

Sebenarnya tidaklah terlalu rumit untuk sedikit memahami tentang banyak hal menyangkut website, domain, dan hosting. Kita mungkin bisa mendapatkan alternatif pilihan untuk mengakses beberapa hal mengenai website dan berbagai macam unsur pendukungnya. Untuk itu, kita tidak perlu merasa bingung lagi untuk menjelaskan tentang apa sebenarnya website itu dan juga kita bisa mulai mencoba membuat websitemu sendiri sehingga kita bisa memakainya untuk berbagai macam kepentingan. Mempelajari banyak hal bagaimana membuat website yang menarik tidaklah rumit asal kita sudah punya cukup banyak informasi mengenai website, hosting, atau domain. Galilah informasi lebih banyak lagi jika kita merasa tertarik untuk membuat website sendiri yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Kita tidak akan bingung lagi untuk mencoba membuat tampilan website yang sederhana dengan konten website yang cukup menarik.

0 Response to "Pengertian Website Domain dan Hosting "

Posting Komentar