Tempat Wisata di Kalbar

Indonesia sangatlah luas. Jika kamu mau mencoba menikmati uniknya liburan di Kalimantan Barat, setidaknya ada beberapa pertimbangan yang harus diambil. Salah satunya adalah jenis wisata yang ingin dinikmati. Secara umum, kamu bisa saja menikmati aneka wisata sejarah, wisata alam maupun wisata keluarga dari berbagai tujuan wisata di Kalimantan Barat.  

media kalbar
Tugu Khatulistiwa

Perbedaan- perbedaan ini tentunya bisa membantu gaya liburan yang bisa pilih. Setiap jenis wisata tentunya akan membawa pengalaman yang berbeda. Misalnya untuk wisata sejarah, mengunjungi Tugu Khatulistiwa setidaknya akan memberi pengetahuan mengenai latar belakang dibangunnya tugu ini dari jaman Belanda. Kamu akan tahu mengapa tugu ini juga disebut sebagai Equator Monument. Sebagai bonus, selain sejarah, ada peristiwa alam yang sayang untuk dilewatkan. Pada saat titik kulminasi matahari, semua bayangan di permukaan bumi akan menghilang. Yang paling mudah terlihat menghilang adalah bayangan Tugu Khatulistwa ini. Jika ingin menikmati sensasi ini, setidaknya perlu dicatat bahwa hanya dua kali setahun titik kulminasi matahari bisa memunculkan fenomena ini.  Pastikan kamu datang sekitar tanggal 21-23 Maret dan sekitar 21-23 September. Pada waktu-waktu ini biasanya kota Pontianak juga mengadakan acara tahunan yang menarik untuk diikuti. 

kalimantan barat
Museum Dara Juanti Sintang
Selain Tugu Khatulistiwa, untuk menambah pengetahuan seputar sejarah, Museum Dara Juanti Sintang adalah pilihan yang tepat.  Museum ini sebenarnya dulunya adalah sebuah istana yang dikenal sebagai Istana Al Mukarramah. Di museum ini sejarah Sintang bisa dipelajari.  Untuk mencapai museum ini cukup mudah karena dekat dengan pusat kota. 

kalbar
Istana Kesultanan Kadariah


Jika kamu tertarik dengan istana kesultanan tempo dulu,  komplek Istana Kesultanan Kadariah Pontianak patut untuk dikunjungi. Istana ini terletak di pusat kota Pontianak. Posisinya yang dekat dengan suingai Kapuas  tentunya juga memberi pemandangan lain. Jika ingin merasakan keramaian warga Pontianak, daerah ini layak dikunjungi terutama pada sore hari. Jika sudah singgah di komplek Istana Kesultanan Kadariah Pontianak, maka lengkaplah pengalaman berkunjung ke Pontianak. 

pantai singkawang kalbar
Pantai Pasir Panjang
Kalimantan Barat juga punya tempat yang secara alami pantas untuk dikunjungi. Bagi kamu yang suka dengan deburan ombak pantai, Pantai Pasir Panjang bisa dijadikan pilihan. Pantai ini tepatnya menghadap ke laut Natuna. Dari pantai ini bisa dilihat pulau kecil  seperti pulau Randayan, pulau Lemukutan dan pulau Kabung. Jika kamu ingin berpetualang menuju pulau-pulau kecil ini, ada banyak perahu dan speed boat yang bisa disewa.  Sarana penunjang di pantai ini cukup lengkap. Jika kamu ingin menginap, sudah ada hotel dan cottage.  Untuk aneka kebuhan kecil selama kamu di sini, ada banyak toko yang menyediakan berbagai barang mulai yang berkaitan dengan cinderamata hingga barang-barang  lainnya. 

Kunjungan ke Pantai Pasir Panjang bukan hanya menawarkan aktifitas melihat-lihat semata. Pengunjung bisa berenang dan juga menyelam. Untuk aktifitas yang lebih ekstrim,  ski air pantas dicoba. Jika kamu merasa sebagai anak pantai, tidak ada salahnya untuk mencoba berselancar dengan ombak Pantai Pasir Panjang.  Untuk mancing mania, spot memancing yang asik bisa saja dicari. Kamu bisa ngobrol dulu dengan orang sekitar tentang spot memancing yang bagus sebelum menyewa perahu. Sebagai alternatif, kamu bisa juga mencoba adu cepat di fasiltas motorcross, road race dan gokart.

wisata kalbar
Pulau Randayan
Dengan bantuan speed boat selama 2 jam, Pulau Randayan bisa menjadi tujuan lain setelah puas menikmati Pantai Pasir Panjang. Di pulau ini, pemandangan indah batu karang dan aneka ikan adalah tujuan utamanya. Kamu juga bisa menginap di pulau ini di villa-villa yang tersedia. 

media kalbar wisata
Jika kamu masih ingin bermain air tapi dengan rasa yang lebih segar, air terjun Riam Merasap adalah pilihannya. Air terjun ini punya keunikan karena memunculkan kabut dingin. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini dilengkapi dengan pemandangan alami hutan hujan tropis. Pohon yang khusus tumbuh di kawasan ini adalah pohon Belian. Jika  kamu mau menyusuri aliran air  dari Riam Merasap, akan ada air terjun yang lebih kecil yang disebut Riam Naik Kubik. Air terjun ini hanya setinggi 8 meter.

taman nasional gunung palung
Gunung Palung

Untuk petualangan yang lebih jauh, Taman Nasional Gunung Palung patut untuk dipertimbangkan. Untuk mencapainya setidaknya butuh 30 menit penerbangan dari Pontianak. Jika dibandingkan dengan taman nasional lainnya, ekosistemnya termasuk yang terlengkap di Indonesia. Di taman nasional ini kamu bisa melihat orangutan.  Selain itu, Bekantan akan sangat mudah dijumpai saat kamu berkunjung di Taman Nasional Gunung Palung.

pantai kalbar
Sinka Island
Bagi orang tua yang ingin membawa anak-anak untuk bersenang-senang, ada beberapa alternatif kunjungan yang bisa dipilih. Sinka Island Park adalah pilihan yang cocok bagi anak-anak yang suka dengan aneka wahana modern tanpa kehilangan sentuhan alami. Yang menarik adalah, di dekat kawasan ini juga terdapat Kebun Binatang  Sinka Zoo.  Kebun binatang ini bisa menjadi wahana untuk mengenalkan aneka satwa langka pada anak-anak. Jika ingin mengelilingi gunung Bajau, ada mobil yang bisa disewa. Saat ada  diatas gunung Bajau, kota Singkawang akan terlihat dengan jelas.

Dengan melanjutkan perjalanan ke arah Desa Sijangkung, Taman Bukit Bougenville  adalah tujuan wisata keluarga selanjutnya. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa aneka bunga bougenville akan menjadi pemandangan di taman ini.  Selain bunga, keberadaan hutan homogen di area ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk foto keluarga. Udara yang sejuk adalah bonus yang bisa dinikmati semua orang. Dengan  aneka pilihan wisata yang ada,  bukan hal yang aneh jika liburan ke Kalimantan Barat cocok untuk siapapun.
wisata di kalbar
Taman Bougenvile


1 Response to "Tempat Wisata di Kalbar"