Gejala Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal dan Gejalanya

Ginjal adalah salah satu organ terpenting yang ada dalam tubuh. Ginjal sendiri berfungsi sebagai saluran pengeluaran atau ekskresi. Ginjal ini akan menyaring kotoran-kotoran bekas seharian tubuh melakukan aktivitas rutinitas dan dibuang melalui air seni. Jika organ ginjal ini tidak berfungsi maka kotoran bekas metabolisme dalam tubuh tersebut tidak dapat disaring dan tidak akan dibuang, dan lama-kelamaan kotoran yang masih berada di dalam tubuh tersebut akan menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh.
Racun yang dihasilkan dari kotoran sisa metabolisme dalam tubuh dapat menyebabkan mual-mual, muntah, sakit kepala sampai penurunan kesadaran diri. Kotoran-kotoran itu juga dapat mnyumbat rongga-rongga dalam tubuh yang akan menyebabkan sesak nafas dan jika tidak segera di tangani dapat menyebabkan gagal ginjal akut yang menyebabkan kematian.
Gejala-gejala penyakit ginjal ini bisa dibilang mempunyai sifat yang sangat halus, karena diketahui saat penyakit ini sudah parah. Apa sih gejala-gejala penyakit ginjal agar kita dapat mendeteksi penyakit ini sejak dini?

Gejala penyakit ginjal dimulai dari rasa gatal

gejala ginjal
Gejala penyakit ginjal yang pertama adalah merasa sangat gatal atau kulit menjadi ruam. Gejala satu ini mungkin memang kurang begitu spesifik dan bisa terjadi kepada siapapun tapi jika anda merasakan gatal-gatal atau kulit menjadi ruam secara berlebihan lebih baik anda segera bertanya kepada dokter atas kondisi anda. Bagian-bagian yang dirasa sangat gatal pada gejala penyakit ginjal biasannya pada pergelangan kaki, pergelangan tangan, sekita kaki dan sekitar tangan.

Sesak nafas adalah gejala penyakit ginjal

Dengan tidak berfungsinya organ ginjal, maka kotoran-kotoran yang seharusnya dibuang oleh ginjal menjadi terendap didalam tubuh. Kondisi ini menjadikan tubuh dipenuhi oleh banyak sekali kotoran, dan lama-kelamaan kotaran tersebut mengisi rongga kosong pada tubuh terutama pada bagian paru-paru. Keadaan ini akan mengurangi kadar oksigen yang dihasilkan dan disalurkan keseluruh tubuh yang berakibat anemia dan akhirnya menimbulkan sesak nafas. Sesak nafas karena gagal ginjal ini biasanya akan mengalami insomnia atau susah tidur karena susah bernafas dan keadaan perut yang kembung karena banyaknya kotoran yang ada dalam tubuh.
Tidak hanya itu, masih ada beberapa gejala penyakit ginjal lain lagi yang harus diketahui untuk mendeteksi penyakit ini sejak dini, seperti kedinginan yang berlebihan. Tubuh yang merasa kedinginan walau ditempat hangat. Pinggang tiba-tiba sakit,karena batu ginjal yang sudah pernah didiagnosis parah yang merambah ke daerah pinggang hingga timbul rasa sakit pada daerah pinggang. Kepala sering pusing juga bisa menjadi gejala penyakit ginjal ini, karena kurangnya pasokan oksigen dari paru-paru yuang sudah kurang bekerja maksimal karena kotoran-kotoran yang tidak dibuang oleh ginjal sehingga menyumbat rongga paru-paru.

Demikian artikel Gejala Penyakit Ginjal ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

0 Response to "Gejala Penyakit Ginjal"

Posting Komentar