Minum air putih pun berbahaya, benarkah?

Air memang sangat dibutuhkan tubuh. Karena air merupakan unsur penting dan komponen utama di dalam tubuh manusia, setiap orang memiliki lebih kurang 60% air dari berat tubuhnya. Semua sistim di dalam tubuh seseorang sangat tergantung oleh zat ini. Konsumsi air putih yang cukup dapat membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh, air berfungsi membawa nutrisi dan membantu kerja sel-sel , organ dan jaringan di dalam tubuh manusia, menjaga kelembaban kulit, dll. Itulah fungsi dan manfaat dari air yang kita minum sehari-hari.

Jangan minum air sebelum dan pada saat makan

 
Ada kebiasaan banyak orang minum es atau air terlebih dahulu sebelum atau pada saat bersamaan dengan makan, tujuannya biar dapat mengurangi makan yang berlebihan. Sebaiknya jangan dilakukan sekalipun air putih.

Memang betul kata orang minum air sebelum makan  biar lambung penuh dan pada saat makanpun menjadi cepat kenyang sehingga makan tidak berlebihan bagi yang pingin diet. Tapi sangat tidak baik karena dapat menghambat enzim bekerja dalam memproses penyerapan makanan.

Pakar enzim Prof. Hiromi Shinya  mengatakan jika ingin minum sebelum makan maka sebaiknya dilakukan satu jam sebelumnya. Ada periode waktu yang sesuai untuk penyerapan air oleh tubuh. Tubuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke usus, jika air masih di lambung dan ditambah makanan maka menyebabkan kerja enzim akan berat.

Ada tips yang ideal mencukupi air untuk tubuh kita, yakni:
1-3 gelas saat bangun tidur
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.

Yang paling penting adalah minum air setelah bangun tidur,  karena tubuh membutuhkan tambahan air untuk mengganti cairan yg hilang saat setelah bangun tidur.


Bahaya minum air menjelang tidur


Jangan minum air menjelang tidur, tapi lakukanlah paling dekat 1 jam sebelum waktu tidur.
Minum air larut malam atau berdekatan waktunya dengan waktu tidur bisa mengakibatkan terjadinya aliran balik. Sekalipun hanya air putih, jika bercampur dengan asam lambung air akan berbalik memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yg dikhawatirkan akan beresiko menderita pneumonia atau radang paru-paru.Sangat ber bahaya bukan?

Tidur dalam keadaan perut kosong sangat dianjurkan, karena tenggorokan sudah dirancang untuk tidak masuk apapun ke dalamnya selain udara. Jika masih minum apalagi makan menjelang tidur, isi lambung akan meluap dan berbalik naik menuju kerongkongan saat kita merebahkan diri. 
Saat aliran balik terjadi, tubuh otomatis akan menyempitkan saluran pernapasannya dan menghentikan pernapasan untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan. Maka bisa berakibat fatal.

Banyak kejadian orang mendadak meninggal akibat serangan fajar. Yang menjadi penyebabnya adalah asam lambung bercampur makanan yg mengalir balik, dan saluran pernapasan otomatis akan tertutup, menyebabkan napas menjadi tidak teratur, maka kadar oksigen di dalam darah berkurang sehingga mengakibatkan berkurangnya persediaan oksigen menuju otot jantung. Istilah yang kita dengar meninggal akibat serangan jantung dini hari, padahal orang yang bersangkutan tidak mempunyai riwayat penyakit jantung.

Itulah mengapa kita tidak boleh minum air putih sekalipun. Sampai jumpa di postingan berikutnya!

0 Response to "Minum air putih pun berbahaya, benarkah?"

Posting Komentar